Cara Membackup ROM Android Melalui CWM Recovery

Backup ROM sangat bermanfaat untuk merecovery ROM yang rusak. Bila kita lihat kasus Firmware Cross A10 Untuk Memperbaiki Fastboot Mode kemarin, backupan ROM itu ternyata sangat penting. Bagaimana tidak sudah berbulan-bulan di Google orang-orang ramai mencari-cari firmware asli Cross A10 karena ponsel tersebut rawan fastboot. Untungnya setelah ada seseorang yang menginformasikan kepada saya bahwa ia memiliki link firmware Cross A10, akhirnya masalah itu sedikit terselesaikan.

Cara Membackup ROM Android Melalui CWM Recovery Tanpa PC

Pertama kali yang harus kita persiapkan sebelum backup ROM melalui CWM Recovery, tentu saja CWM nya. Untuk anda pengguna Samsung Galaxy Young dan sederajat (ex. Galaxy Mini), silahkan buka Cara Install ClockWorkMod Recovery Samsung Galaxy Young. Untuk user lain, baca Cara Mudah Install Recovery Untuk Semua Jenis Android.

Membuat backupan ROM memerlukan kapasitas memory yang tidak sedikit. Anda pasti tahu berapa ukuran ROM android anda yang sebenarnya. Misalkan 400MB. Maka persiapkan kapasitas memory SDCard anda paling tidak lebih 100MB dari ROM aslinya (500MB+).
Isi baterai android anda kurang lebih 70% karena backup ROM itu memakan waktu yang banyak sekitar 5 sampai 10 menit.

Baik, berikut step by step Cara Membackup ROM Android Melalui CWM Recovery.
Pertama masuk ke "CWM Recovery Mode". Cara masuk ke Recovery Mode (CWM) setiap handphone berbeda-beda. Saya yang memakai Xperia X10 Mini cara masuknya pas ponsel akan booting langsung ditekan-tekan tombol back hingga masuk ke CWM Recovery. Kalau ponsel sejenis Samsung Galaxy Young, kita harus masuk ke Recovery Original dulu baru setelah itu flash CWM karena sifatnya tidak permanen. Bagaimana dengan ponsel anda?

Sesudah masuk ke CWM Recovery, pilih backup and restore, selanjutnya klik backup. Gunakan tombol volume untuk menaik-turunkan cursor dan tombol OK untuk ok. *Untuk versi CWM yang terdahulu (versi 1.x.x) biasanya didalam CWM akan ada menu dengan nama nandroid dan didalam nandroid ada pilihan backup & restore.
Tunggu sejenak hingga prosesnya selesai, bila berhasil anda bisa melihat file backupannya tersebut di folder /SDCard/clockworkmod/backup/

No comments for "Cara Membackup ROM Android Melalui CWM Recovery"