Cara Mudah Meningkatkan GPU Android Untuk Bermain Game Dengan GLTools

GLTools - Cara Mudah Meningkatkan GPU Android Untuk Bermain Game Sebetulnya saya bukan seorang gamer Android sejati. Saya juga tidak terlalu sering bermain game mobile. Mungkin game-game seperti COD : Modern Warfare atau PES untuk PC yang bisa membuat saya tertarik untuk bermain. Tapi itu dulu sebelum saya tahu bahwa bermain game di Android bisa semenyenangkan ini dengan bantuan aplikasi GLTools.

Tidak semua game HD bisa dimainkan disembarang jenis android. Alasannya simpel. Entah itu karena hardware nya tidak mendukung/tidak mencukupi, membutuhkan CPU atau RAM yang besar, atau kalau tidak masalahnya ada pada GPU (Graphic Processing Unit).

Sepekan yang lalu, di forum XDA Developer muncul sebuah aplikasi optimizer mirip dengan Chainfire3D yang selama ini kita kenal, namanya GLTools buatan salah seorang member ber-nick n0n3m4. Mungkin karna aplikasi ini memiliki dua versi yang berbeda, satu versi premium dan satunya lagi spesial XDA version yang merupakan aplikasi khusus dan gratis untuk semua member XDA membuat aplikasi GLTools ini menjadi sorotan publik.

GLTools berbeda dengan Chainfire3D. Aplikasi ini lebih aman jika digunakan walaupun GLTools ini sebetulnya masih dalam tahap pengembangan.

Beberapa fitur diantaranya,
Mampu mengubah resolusi dan rendering bitness di semua app secara paksa, meski itu tidak mendukung secara default
Mampu mengubah nama GPU untuk menambah grafis Android pada tingkatan tertentu, bahkan pada noname low-end GPU
Mampu mengambil kontrol penuh atas tekstur
Mampu mengoptimalkan shader on-the-fly untuk kinerja yang optimal (optimizer yang sama persis digunakan dalam Unity3D engine secara default)
Mampu mengukur kinerja yang diperoleh dengan baik pada layar FPS counter
Tertarik ingin mencobanya? Jika anda berminat untuk mencoba GLTools ini atau anda ingin mengerti lebih jauh mengenai GLTools bisa anda lihat di thread nya viking37 di link berikut ini, http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2615514.



Cara penggunaannya cukup gampang.

  • Pertama-tama, pastikan Android anda sudah dalam kondisi ter-root
  • Buka GLTools, pilih game mana yang anda pilih
  • Aktifkan Enable custom settings for this
  • Rubah Enable texture decompression dan Enable texture recompression menjadi All
  • Aktifkan Use fake GPU info
  • Pada Use a template, sesuaikan dengan GPU kebutuhan anda

Kini anda bisa mencoba untuk membuktikan apakah GLTools nya berjalan dengan baik dengan cara memainkan game yang bersangkutan.

No comments:

Post a Comment

Fitur Baru Yang Terdapat Pada Xiaomi Miui 8

Sistem operasi pada smartphone Xiaomi MIUI 8 yang dikembangkan oleh Xiaomi yang telah dilengkapi dengan berbagai jenis fitur berguna, yang ...