Cara Install Android KitKat 4.4 di Xperia Mini dan Xperia Lainnya (Xperia Mini Pro, Xperia Active, Xperia Live with Walkman)

Setelah sekian lama versi Android terbaru ditunggu-tunggu, akhirnya pada tanggal 31 Oktober tahun lalu seri Android 4.4 yang diberi nama KitKat resmi diperkenalkan. Kala itu hanya ada satu perangkat Android yang bisa menilik kelezatannya yaitu Nexus 5.

Nama KitKat diambil dari hasil voting para pembuat Android. Dari kabar yang berhembus sekian lama bahwa nama seri Android yang akan dipakai setelah Jelly Bean yakni Key Lime Pie ternyata salah. KitKat merupakan camilan sehari-hari para developer Android. Setelah dikaji ulang bahwa mereka tidak setuju memakai Key Lime Pie karena namanya yang begitu asing dan rasanya tidak terlalu menggugah selera, alhasil KitKat yang merupakan coklat batang buatan Nestle itu lah yang akhirnya dijadikan nama Android v4.4 terbaru.

Walaupun firmware official KitKat 4.4 masih sangat terbatas, anda tidak usah ragu karena hampir semua smartphone Android menengah-kebawah kini sudah mendapatkan jatah custom ROM KitKat. Siapa lagi kalau bukan berkat kerja keras dari CyanogenMod yang merupakan distributor custom ROM terbesar ini.

Bagi anda pengguna Xperia Mini dan sekelasnya (Xperia 2011) ada sebuah custom ROM KitKat yang diberi nama Honamify. ROM ini perkembangannya cukup baik. Fitur-fitur yang ditawarkan juga menarik (khas Xperia). Disamping ROM ini merupakan ROM yang selalu di update setiap saat, sayangnya Honamify masih bersifat BETA. Jangan heran bila banyak bug yang muncul setelah anda memakai custom ROM yang satu ini, entah Wifi nya masih error, Bluetooth belum menyala, Camera sering force close, dan lain sebagainya.

Cara Install Android KitKat 4.4 di Xperia Mini dan Xperia 2011 Lainnya


Untuk dapat menginstall custom ROM Honamify - CM11 Android KitKat 4.4 di Xperia Mini dan Xperia 2011 lainnya (Xperia Mini Pro, Xperia Active, Xperia Live with Walkman), sebelumnya pastikan bahwa Xperia anda sudah menggunakan stock ICS Official dan sudah Unlock Bootloader. Jika sudah, ikuti steps dibawah ini.

  1. Download custom ROM Honamify dari link berikut (ada dua part) serta dev files nya (khusus selain Xperia LWW) kemudian copy ke SDCard anda, http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2602727
  2. Download kernel dari link berikut sesuai jenis smartphone anda kemudian flash memakai Flashtool, http://legacyxperia.basketbuild.com/index.php?dir=main/cm11.0/ *Jika link kosong kemungkinan website masih dalam tahap perbaikan
  3. Masuk ke Recovery Mode
  4. Pilih wipe data/factory reset, wipe cache partition dan juga wipe dalvik cache (pada menu advanced) menggunakan kedua tombol volume dan tombol home untuk OK
  5. Pilih install zip from SDCard, arahkan ke part 1 kemudian install dan lanjutkan ke part 2 dan juga dev files nya
  6. Pilih Reboot now

Selesai. Jika anda melakukannya dengan benar, maka dalam waktu kurang dari 5 menit Xperia anda akan menyala dengan normal dan sudah berubah menjadi Android KitKat 4.4.




Read more: Yusronkrista

No comments:

Post a Comment

Fitur Baru Yang Terdapat Pada Xiaomi Miui 8

Sistem operasi pada smartphone Xiaomi MIUI 8 yang dikembangkan oleh Xiaomi yang telah dilengkapi dengan berbagai jenis fitur berguna, yang ...