Cara Merubah Sinyal Menjadi HSDPA Permanen di Android

Cara Merubah Sinyal Menjadi HSDPA Permanen di Android - Sedikit kalimat berikut masih berkaitan dengan Tips Menstabilkan HSDPA dan Menambah Kecepatan Internet Android.

Pada artikel tips diatas saya jelaskan mengenai tips menstabilkan jaringan internet HSDPA Android dengan cara mengganti Band Radio ke Japan Band. Selain itu juga saya berikan sedikit konfigurasi tweak pada build.prop dengan merubah beberapa value net.tcp supaya jaringan lebih optimal. (Untuk selengkapnya bisa Anda baca dari tautan tersebut)

Masalahnya beberapa orang mengatakan bahwa meski tips tersebut diikuti, jika jaringan internetnya EDGE mana ada pengaruhnya? Ya, itu memang benar. Tidak ada yang salah dari asumsi tersebut mengingat di Indonesia kini sinyal HSDPA sudah menjadi jaringan standard kecepatan internet bagi kawula muda.

Mungkin Anda akan ditertawakan jika sedang bersama teman-teman saya memakai Galaxy Star Duos yang jaringannya belum mendapat 3G tersebut. Karena didaerah tempat saya tinggal, orang-orang berlomba adu kecepatan internet dan ironinya device mereka juga device impian semua. Kadang saya berpikiran buat apa beli Android mahal-mahal cuma buat pamer. Tapi ya sudahlah, itu hak mereka yang berdompet tebal.


Kembali lagi ke permasalahan HSDPA, tips semacam itu sebetulnya untuk optimalisasi. Terserah Anda ingin mencobanya atau tidak. Lagi pula, efeknya tidak lah terlalu besar dan langsung terasa. Sekarang pertanyaannya, bisakah sinyal Android dirubah menjadi HSDPA permanen? Tentu saja bisa. Namun ada ada hal yang wajib Anda pahami.

  • HSDPA, bagi sebagian provider masih belum stabil. Jika dilogika, sinyal H akan muncul ketika dilokasi Anda berada terdapat jaringan tersebut. Jika tidak, sinyal pun kosong bertanda contreng merah dan itu sangat sering terjadi ketika Anda berada di pinggiran kota. Kecuali jika pengaturan dirubah ke WCDMA Preferred, jaringan akan otomatis turun ke level sebelumnya
  • HSDPA, tidak semua Android bisa dirubah jaringannya menjadi HSDPA. Itu terkait dengan spesifikasi hardware yang ditanam. Contoh simpel seperti Smartfren Andromax yang SIM 2 nya rata-rata masih EDGE dan belum support 3G. Jika hardware tidak mendukung, jaringan dirubah ke HSDPA juga tidak akan bisa

Jika Anda berniat merubah jaringan sinyal Android Anda menjadi HSDPA permanen dengan konsekuensi diatas, ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Buka aplikasi dialer
  2. Ketik *#*#4636#*#*
  3. Pilih Phone Information
  4. Geser kebawah, cari Set Preferred Network Type
  5. Rubah ke WCDMA Only -- yang berarti jaringan Android Anda hanya menerima HSDPA
  6. Klik tombol opsi
  7. Pilih menu Select Band Radio
  8. Japan Band
  9. Selesai

Tutorial diatas sering dicari menggunakan keyword How to force 3G / HSDPA Network on Android.

Semoga bermanfaat.




Sumber : Kabarandroid

No comments:

Post a Comment

Fitur Baru Yang Terdapat Pada Xiaomi Miui 8

Sistem operasi pada smartphone Xiaomi MIUI 8 yang dikembangkan oleh Xiaomi yang telah dilengkapi dengan berbagai jenis fitur berguna, yang ...