Cara Membuat Android Menjadi Remote Universal




Dengan Berkembangnya dan majunya teknologi smartphone saat ini khususnya android yang menjadikannya sebagai device yang multi fungsi. Sebelumnya apakah tahu bahwa Smartphone android saat ini bisa di jadikan remote televisi yang dapat memudahkan dalam menonton acara televisi kesayangan ? Ya ini merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki smartphone Android, sesuai judulnya yaitu Android dapat kita manfaatkan sebagai remote TV untuk mengganti channel dan menambah ataupun menurunkan volume suara dan lain-lain di televisi. Hal ini tentu sangat menguntungkan kita, ya karena kita tahu bersama bahwa remote asli / bawaan TV sewaktu-waktu akan rusak juga, dan apabila ini terjadi kita tidak perlu repot-repot untuk membeli remote pengganti yang baru, tinggal gunakan saja fungsi smartphone  untuk mengganti remote TV yang sudah rusak tersebut.

Tetapi untuk membuat fungsi remote TV ini tidak sembarang smartphone bisa digunakan, hanya beberapa Device seperti Samsung Galaxy S4 dan Galaxy Note 3 atapun yang sudah built in seperti LG G2 saja yang bisa menjalankan fungsi remote ini. selain bisa memberikan fungsi aplikasi untuk dijadikan sebagai remote televisi pada jenis smartphone  ini yang  juga memiliki kelebihan lain yang bisa digunakan untuk dijadikan remote yaitu Selain sebagai remote televisi, smartphone ini juga mendukung peralatan elektronik  diantaranya adalah DVD Player, Air conditioner (AC), dan lain sebagainya atau disebut sebagai Universal Remote yaitu remote yang digunakan untuk berbagai peralatan elektronik dari berbagai Merek ternama seperti Samsung, Panasonic, Sony, Toshiba, LG dan Sharp, dan lain sebagainya. Smartphone dan tablet yang menggunakan platform OS Android bisa dibilang cukup ‘leluasa. Terlebih, banyak fitur dan dukungan aplikasi yang dapat dieksplorasi untuk meningkatkan performanya. Misalnya saja, menjadikan ponsel atau tablet Android sebagai remote TV/AC.

Yang hobi ‘ngutak-ngatik’ gadget sambil nonton TV pastinya akan lebih nyaman jika bisa langsung menggonta-ganti channel siaran TV dari ponsel atau tablet, tanpa harus menggunakan remote TV yang kadangkala suka terselip atau lupa meletakannya.

Saat ini, sudah banyak  smartphone maupun tablet Android yang dibekali fitur/aplikasi remote untuk perangkat elektronik (TV, DVD, Sound Sistem, Home Teather hingga AC), contohnya Sony Xperia Z2 ,LG G2, dan banyak Tablet samsung Galaxy series . Untuk mengkoneksikan remote ini pun banyak caranya, bisa menggunakan koneksi Bluetooth, WiFi bahkan IR (InfraRed).

Di tips kali ini, saya akan mengulas cara menjadikan ponsel atau tablet Android menjadi remote TV/AC. bisa menggunakan device yg mendukung koneksi InfraRed (IR) seperti galaxy note 10.1,samsung galaxy tab 3 .

 Menggunakan IR REMOTE

1. Download dan install aplikasi IR Remote dari Google Play Store.



2. Selanjutnya, jalankan aplikasi remote tersebut dan anda akan menjumpai beberapa opsi menu.



3. Pilih ‘IR Database’ untuk menampilkan daftar brand dari produk TV.



4. Tentukan brand produk TV yang anda gunakan, misalnya LG.

5. Berikutnya, anda akan mendapatkan tampilan interface/antarmuka sebuah remote TV layaknya remote konvensional.



6. Nah, anda pun sudah bisa menggonta-ganti channel TV dan mengatur volume suara.

Selain aplikasi IR Remote, masih banyak kok aplikasi serupa dengan fasilitas yang jauh lebih komplit. Bahkan, bisa digunakan untuk mengatur AC, DVD player, HiFi, DSLR Camera, Car Audio, Xbox 360 dan sebagainya. Berikut daftarnya:

Samsung IR-Universal Remote



Aplikasi besutan POWER7 Net ini bisa menjadikan smartphone atau tablet Android sebagai remote TV, AC, DVD player, BluRay, Cable/Satelite Boxes, Media Player, Home Cinema, Audio System, HiFi, Xbox 360, RGB Leds dan masih banyak lagi. Ditawarkan dalam dua versi, gratis dan berbayar (Pro).

Interface dan penggunaan fitur remote di aplikasi ini disesuaikan dengan antarmuka remote control sesuai dengan tipe produk dari brand bersangkutan. Artinya, anda akan tetap dapat mengontrol semua fitur bawaan TV atau perangkat elektronik rumah dari ponsel/tablet Android layaknya memakai remote control bawaan.

Anda bisa langsung memilih mode remote control-nya, dan langsung praktekan ke perangkat elektronik. Untuk koneksinya menggunakan InfraRed. unduh di Playstore

LG TV Remote



Buat pemilik Smart TV merek LG, bisa menjajal aplikasi remote control ini. Aplikasi besutan LG Electronics ini dapat membantu anda mengontrol semua fitur yang ada di Smart TV LG, langsung dari ponsel maupun tablet Android.

Anda bisa mengatur channel hiburan khusus, menampilkan home TV, mengatur volume dan banyak lagi. Dan anda tetap bisa terhubung dengan semua fitur yang ada di gadget kesayangan, termasuk berbagi (sharing) apa yang anda saksikan langsung ke jejaring sosial.



Untuk menghubungkan fitur remote control di aplikasi ini,anda harus menggunakan koneksi yang sama antara smartphone/tablet Android dengan Smart TV yakni jalur WiFi.unduh via Playstore

No comments for "Cara Membuat Android Menjadi Remote Universal"