Cara Menghemat Baterai Android

Baterai masih menjadi masalah pada perangkat Smartphone, banyak Smartphone canggih dan mahal cuma bisa dipakai selama beberapa jam, seharian tapi nggak sampai 24 jam. Saat ini banyak orang bergantung pada Smartphone untuk menangani banyak masalah, termasuk pekerjaan. Beruntung jika kamu menggunakan Smartphone dengan baterai berkapasitas besar, jadi nggak perlu khawatir kehabisan daya meskipun digunakan sepanjang hari.

Makanya kamu harus memaksimalkan penggunaan baterai Smartphone, kan lumayan kalo bisa dipakai seharian. Kebiasaan kamu waktu menggunakan smartphone cukup mempengaruhi daya tahan baterai, smartphone yang kamu gunakan untuk menangani pekerjaan dan terhubung ke internet ditambah bermain game hanya akan membuat Smartphone Android bertahan beberapa jam saja.

Ada banyak aplikasi Android di Play Store menawarkan beberapa fitur untuk menghemat baterai, tapi sepertinya kamu harus mencoba mengubah beberapa pengaturan dari Android yang menyebabkan perubahan di kebiasaan kamu menggunakan Android juga.

Lha buat kamu yang sering pusing dan benci sama Android karena daya batrenya yang sebentar, dibawah ini ada beberapa Cara menghemat baterai Android supaya bertahan lebih lama:

1. Matikan Bluetooth, Wifi dan GPS jika tidak diperlukan

Ini bisa dilakukan dengan sangat praktis, tarik notifications bar trus pindah ke quick settings. Nah di situ kamu bisa mematikan Wifi, Bluetooth, dan GPS. (berlaku untuk Android ICS ke atas, Bagi pengguna Gingerbread silahkan gunakan aplikasi seperti Power Control atau sejeninsnya)


2. Matikan Smartphone Ketika Kamu Tidur

Beberapa stock ROM memiliki fitur buat mematikan dan menghidupkan secara otomatis, kamu tinggal atur waktunya. Cara ini bisa kamu pakai kalo kamu memang nggak pengen terganggu sama sekali ketika sedang tidur nyenyak.


3. Pakai Mode Pesawat (Airplane Mode/Flight Mode)

Jika Anda tidak ingin mematikan Smartphone karena males mesti nunggu loading saat booting, kamu bisa coba menggunakan fitur Mode Pesawat. Ini akan mematikan semua konektifitas wireless, termasuk sinyal GSM/CDMA. Ya meskipun dengan mode ini kamu jadi ngga bisa menerima SMS dan Telpon juga sih.


4. Mengatur Jaringan ke 3G Prefer

Pengaturan ini akan mengubah jaringan ke 2G (EDGE/GPRS) ketika jaringan 3G nggak tersedia atau jelek banget. Sebenernya mode GSM paling irit baterai itu ketika menggunakan jaringan EDGE.

Kalo saran saya sih ketika lagi ngga butuh-butuh banget Koneksi Internet mending pake jaringan 2G saja (EDGE/GPRS) karena dengan jaringan ini membuat Baterai Android jadi lebih awet.


5. Uninstall Aplikasi-Aplikasi yang Nggak Pernah atau Jarang Dipakai

Periksa aplikasi yang terinstal melalui Settings -> Apps -> Downloaded. Pilih aplikasi yang jarang dipakai, kemudian hapus. Kamu bisa melakukannya lebih mudah dengan aplikasi seperti Clean Master.

6. Disable aplikasinya kalo nggak bisa dihapus

Beberapa aplikasi sistem nggak bisa dihapus kalo kamu nggak punya akses root. Tapi kamu bisa men-disable aplikasi tersebut untuk menghindari penggunaan sumber daya baterai untuk hal-hal yang tidak berguna.


7. Gunakan Wi-Fi kalo Tersedia Daripada Menggunakan Paket Data

Menggunakan Wi-Fi akan sangat menghemat baterai, waktu di kantor atau rumah kamu sebaiknya pakai jaringan Wi-Fi saja.

8. Matikan auto Brightness Layar

Sesuaikan kecerahan layar sesuai kebutuhan secara manual, karena kalo pakai fitur auto brightness malah bikin boros baterai, sistem akan mendeteksi cahaya terus menerus.



9. Bijaklah Dalam Memilih Item yang Disinkronkan dalam Akun Kamu

Setiap akun yang kamu tambahkan ke sistem Android memiliki beberapa item yang akan disinkronisasi dengan layanan cloud, misalnya akun Google. Nah akun seperti Google yang kamu sync di Android akan melakukan sinkronisasi data Kalender, Kontak, Gmail, dan lain-lain. Hapus tanda centang pada item yang nggak dipakai.


10. Pas di tempat umum, mending ngobrol sama orang di samping kamu

Ini masalah perilaku Sosial kita, karena popularitas Smartphone dan layanan jejaring sosial, kita lebih cenderung untuk menggunakan Smartphone saat berada di tempat umum, seperti stasiun, halte bus, dll.. Nah, cobalah ngobrol sama orang-orang dekat kamu, simpan Smartphone di dalam saku, niscaya akan menghemat baterai.

Hal ini juga berlaku ketika kamu lagi kumpul sama keluarga dan teman, simpan saja smartphone kamu. Ngobrol sepuasnya, nikmati keriaan. :)

11. Gunakan powerbank atau baterai ekstra

Ini adalah pilihan terakhir ketika Anda telah melakukan itu semua. Mungkin kesehatan smartphone baterai Anda telah berkurang, sehingga metode di atas tidak banyak membantu untuk meningkatkan masa pakai baterai.

No comments for "Cara Menghemat Baterai Android"