Mengaktifkan Android Runtime Kitkat

Android 4.4 KitKat membawa sesuatu yang sangat berbeda dan unik, sesuatu yang akan membentuk Android di masa depan sebagai smartphone dan platform tablet yang luar biasa. Kali ini akan kami bahas mengenai ART, ART adalah (Android Runtime), yang merupakan suatu sistem tentang dengan landasan apa aplikasi Android kamu berjalan nantinya.

Apa itu ART (Android Runtime) ?

ART adalah masa depan Android. ART adalah runtime baru dan mesin virtual Android yang akan menggantikan Dalvik VM sepenuhnya. Dalvik VM sendiri seperti yang telah kita ketahui bersama adalah Virtual Machine yang telah digunakan oleh Google semenjak pertama kali Android keluar ke pasaran, sejak awal platform, Android telah menggunakan Just-In-Time (JIT) milik Dalvik untuk membangun cache pada aplikasi dan memberikan penggunaan yang smooth serta pergerakan yang halus.

Dengan ART, Google telah mengubah compiler untuk Ahead-Of-Time, yang pada dasarnya mengkompilasi semua data aplikasi sebelum kamu memulai menjalankan aplikasi dan ini memberikan pengalaman pengguna yang lebih cepat dengan kesempatan yang paling minimal yang menyebabkan Android kamu mengalami lag.

Dengan Android 4.4, ART sebenarnya telah dibenamkan pada Nexus 5 dan beberapa device lain, tapi bukan secara default, karena beberapa alasan. Secara default masih menggunakan Dalvik, tapi kamu bisa mengubahnya menjadi ART melalui langkah-langkah berikut, disini kami menggunakan nexus sebagai contoh.

Cara menghidupkan Developer Option.

Untuk mengubah Android-mu menggunakan Virtual Machine ART, pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah meng-enable kan menu Developer Option.

Pertama: Pada device Nexus kamu, pergilah ke Settings > About.

Kedua: Scroll ke bagian bawah sendiri, nanti disitu kamu akan menemukan menu “Build Number”. Pencet aja 10 kali sampai muncul pop-up yang bertuliskan “You are now a developer”.


Cara meng-hidupkan Android Runtime (ART)

Yang satu ini cukup mudah. Pergilah ke opsi Developer pada perangkat Nexus kamu dan geser ke bawah dan pilih menu “Select Runtime”. Tekan itu dan ubah ke “Use ART”.




Setelah kamu melakukan perubahan itu, Reboot perangkat kamu. Mungkin memerlukan waktu sekitar 20 Menit (tergantung berapa banyak aplikasi yang terinstall di device kamu). OS akan akan mengubah semua aplikasi kamu ke ART, data aplikasi maupun data lainnya akan tetap aman setelah Reboot, jadi kamu tidak perlu khawatir.

No comments:

Post a Comment

Fitur Baru Yang Terdapat Pada Xiaomi Miui 8

Sistem operasi pada smartphone Xiaomi MIUI 8 yang dikembangkan oleh Xiaomi yang telah dilengkapi dengan berbagai jenis fitur berguna, yang ...