Cara Install Android L Developer Preview di Google Nexus 5

Kabar gembira untung pengguna perangkat Google Nexus terutama Google Nexus 5, karena tanggal 26 Juni kemarin Google telah merilis Android L Developer Preview untuk para pengembang. Buat kalian yang ingin mencoba Android L Developer Preview tidak ada salahnya karena kabar gembiranya lagi Saya akan berikan langkah-langkah cara install Android L Developer Preview di Google Nexus 5.

Sebelum melanjutkan ke cara install Android L Developer Preview, Saya memberikan informasi bahwa sistem operasi Android L ini sengaja dirilis oleh Google untuk pengembang, oleh sebab itu kemungkinan adanya ketidakstabilan dan munculnya error pasti ada. Jadi silahkan pikirkan terlebih dahulu jika kalian ingin menginstall Android L Developer Preview ini pada perangkat Nexus kalian. Namun untuk cara installnya akan Saya tuntun dan jika kalian mengikutinya dengan benar Saya pastikan tidak akan ada masalah saat installasi.


Untuk tutorial cara install Android L Developer Preview di Google Nexus 5 ini tidak perlu dalam keadaan sudah di root, namun akan diperlukan sebuah Custom Recovery seperti TWRP atau CWM Recovery versi terbaru. Jika kalian ingin mengembalikan ke ROM semula disarankan Backup Nandroid/Full Backup menggunakan TWRP atau CWM Recovery (masuk ke bagian backup and restore pada cwm/twrp recovery) dan jika hanya aplikasi dan data saja bisa menggunakan Titanium Backup atau aplikasi sejenisnya yang bisa kalian temukan di Google Play Store.

Dengan adanya tutorial ini Saya akan membantu cara install Android L Developer Preview di Google Nexus 5. Dengan kalian mengikuti dan membaca langkah-langkah ini dengan benar, Saya yakin tidak akan ada masalah saat proses install Android L Developer Preview pada Google Nexus 5. Jangan lupa untuk melakukan backup seluruh data penting kalian sebelum melanjutkan tutorial ini.


Peringatan : Semua Custom ROM dan Official Firmware/Stock ROM, Aplikasi, tools, modifikasi, serta update software adalah tanggung jawab pemilik atau pengembang. Saya disini hanya memberikan tutorialnya saja, dan Saya tidak memaksa kamu mengikuti tutorial ini jika tidak yakin.

Persiapan Install Android L Developer Preview di Google Nexus 5

  • Download dan Instal driver USB Google Nexus 5, untuk mentransfer file antara perangkat Android dan komputer.
  • Aktifkan mode USB Debugging pada Google Nexus 5 untuk menghubungkan perangkat Android dengan komputer dan menggunakan SDK Android. Baca ini : Cara Mengaktifkan Mode USB Debugging Pada Perangkat Android.
  • Tutorial ini akan menghapus semua data pada ponsel, backup data yang diarasa penting. Kalian bisa backup menggunakan tools backup yang tersedia di Playstore seperti Titanium Backup atau Backup Nandroid dengan CWM/TWRP Recovery!
  • Google Nexus 5 harus memiliki daya baterai minimal 50% atau lebih! Kenapa? Karena apabila ponsel tiba-tiba mati karena kehabisan daya saat proses install custom ROM, mods, root dsb kemungkinan perangkat Android tersebut akan tidak bisa nyala sementara atau selamanya.
  • Google Nexus 5 harus factory unlocked dan tidak terkunci ke operator tertentu saja. Kenapa? Karena jika perangkat Android terkunci/locked pada operator tertentu kemungkinan kalian akan sia-sia mengikuti tutorial ini. Kecuali Saya terakan tutorial ini untuk perangkat Android operator tertentu.
Bahan yang dibutuhkan:

Cara Install Android L Developer Preview di Google Nexus 5


Langkah 1 - Pastikan sudah install custom recovery terbaru.

Langkah 2 - Download bahan-bahan yang sudah disediakan di atas.

Langkah 3 - Reboot ke Recovery Mode atau matikan ponsel.

Langkah 4 - (Lewati langkah ini jika kalian langsung mereboot ke recovery mode) Yakinkan ponsel dalam keadaan mati kemudian nyalakan dengan menekan tombol Volume Down + Power secara bersamaan. Ikuti petunjuk navigasi pada layar menggunakan tombol volume up/down untuk masuk ke RECOVERY. Bisa juga dengan cara alternatif lain yaitu dengan menggunakan aplikasi Quick Boot atau melalui ADB.

Langkah 5 - Sekarang ponsel berada pada Recovery mode, pertama silahkan Wipe Data, Wipe Cache dan Wipe Dalvik Cache.

Tambahan : Jika hanya update ke versi/tanggal terbaru hanya lakukan wipe cache saja tanpa perlu wipe data dan format partition system.

Langkah 6 – Pilih Install zip from sdcard kemudian choose zip from sdcard. Kemudian arahkan ke file N5_L_PREV_LPV79.zip yang sudah di download dan disalin ke kartu memori tadi. Pilih menggunakan tombol Power dan mengkonfirmasi instalasi dengan memilih Yes pada tampilan berikutnya.

Langkah 7 - Proses install berjalan dan tunggu proses selesai.

Langkah 8 - Ulangi langkah no. 6, pilih file UPDATE-SuperSU-v2.01.zip

Langkah 9 - Proses install berjalan dan tunggu proses selesai.

Langkah 10 - Ulangi langkah no. 6, pilih file N5_LPREVIEW_RADIO_JUN26.zip

Langkah 11 - Proses install berjalan dan tunggu proses selesai.

Langkah 12 - Sekarang reboot Google Nexus 5 dengan kembali ke halaman depan CWM Recovery dan pilih Reboot System Now atau pilih Reboot System jika menggunakan TWRP. Tunggu kira-kira 3-7 menit untuk pertama kali boot ke sistem.

No comments:

Post a Comment

Fitur Baru Yang Terdapat Pada Xiaomi Miui 8

Sistem operasi pada smartphone Xiaomi MIUI 8 yang dikembangkan oleh Xiaomi yang telah dilengkapi dengan berbagai jenis fitur berguna, yang ...