Cara Masuk Recovery Mode untuk Semua Perangkat Android

Recovery mode menyediakan fitur tambahan pada perangkat Android kalian. Kalian dapat secara menual menginstall update sistem operasi, wipe data/factory reset (menghapus data dan mengembalikan ke pengaturan awal) atau wipe cache partition (mengapus partisi cache). Dan jika kalian memiliki custom recovery yang telah terpasang pada perangkat android, kalian dapat lebih banyak pilihan untuk menginstal Custom ROM, melakukan backup Nandroid dan bahkan memodifikasi ponsel Android kalian dengan berbagai tweak sistem.


Kalian dapat mengakses recovery mode dengan berbagai metode. Saya lebih memilih cara yang sulit dengan menjalankan perintah ADB dari komputer kita, tetapi ada metode mudah juga. Pertama, Anda dapat mengakses recovery mode dengan menekan kombinasi tombol pada perangkat Android (yaitu Volume Up + tombol power) atau dengan me-reboot ke Recovery Mode dengan menggunakan sebuah aplikasi.

Metode 1 : Cara Masuk Recovery Mode menggunakan Aplikasi Android (Root Only)


Saya menggunakan cara masuk recovery mode menggunakan aplikasi yang terinstal di perangkat Android. Metode ini sangat mudah menurut kami. Cara ini tidak perlu membutuhkan keahliaan atau kerumitan tertentu untuk dapat menggunakannya. Kecuali keahlian dalam melakukan install aplikasi dari Playstore saja.

Catatan : Aplikasi Android ini dibutuhkan akses root. Jadi untuk kalian yang tidak mengerti root, ponsel Android belum keadaan root sebaiknya untuk melakukan root terlebih dahulu. Jika tidak bisa lanjut membaca pada metode berikutnya.
Langkah 1 - Download Quick Boot (Reboot) dari Google Play Store dan menginstalnya.

Langkah 2 - Buka aplikasi, kalian akan melihat 4 pilihan: Reboot, Recovery, Bootloader, Power Off.

Langkah 3 - Cukup pilih ‘Recovery’ dan ponsel akan reboot ke Recovery Mode otomatis.

Cukup mudah bukan? Cara ini sangat mudah untuk masuk ke recovery mode namun kalian tidak tahu kombinasi tombol yang tepat untuk perangkat Android milik kalian.

Metode 2 : Cara Masuk Recovery Mode menggunakan ADB

Masuk Recovery Mode dengan ADB ini adalah cara lain untuk masuk ke Recovery Mode jika kalian tidak mengetahui kombinasi yang tepat untuk perangkat Android kalian ataupun perangkat Android kalian tidak memiliki akses root sehingga tidak dapat menggunakan aplikasi yang telah di jelaskan pada metode 1 di atas.

Langkah 1 - Pastikan ADB dan Fastboot telah dikonfigurasi pada PC kalian. Bagaimana? Lihat di sini: cara install ADB dan Fastboot dengan Android SDK .

Langkah 2 - Hubungkan perangkat Android ke PC dengan kabel USB dan menginstal driver ADB (jika diperlukan).

Langkah 3 - Arahkan ke folder android-sdk-windowsplatform-tools dan terbuka Command Prompt (Shift + Klik kanan di mana saja di folder > Buka Command Prompt).

Langkah 4 - Ketik perintah berikut dan tekan Enter.

adb reboot recovery

Langkah 5 - perangkat Android kalian akan mati dan kemudian boot ke recovery mode. Navigasi atas dan bawah menggunakan tombol volume.

No comments:

Post a Comment

Fitur Baru Yang Terdapat Pada Xiaomi Miui 8

Sistem operasi pada smartphone Xiaomi MIUI 8 yang dikembangkan oleh Xiaomi yang telah dilengkapi dengan berbagai jenis fitur berguna, yang ...