5 Faktor Alasan Mengapa Android Jadi Lemot Dan Cara Mengatasinya

Smartphone Android pada saat ini adalah ponsel yang sedah diatas awan, sudah banyak bagi kalangan anak muda dan tua sekalipun punya smartphone android, hahahaha. Semakin lama digunakan performa Smartphone ataupun Tablet Android akan lambat laun melemah, jadi lemot dan sebagainya. Secara teknis sih ini pasti terjadi karena system sendiri selalu membuat junk file yang semakin lama akan memakan storage Android, lama kelamaan hal ini bisa mengganggu performa.
Untuk mengatasi persoalan Android jadi lemot, Aplikanologi akan ngasih beberapa hal yang bikin Android lambat sekalian juga cara mengatasinya.


1. Sisa ruang penyimpanan hampir habis

Ini adalah penyebab seringnya Android jadi lemot. Kamu bisa mengecek sisa storage kamu di setting >> storage. Idealnya sih ada sisa lebih dari 20% storage untuk hapemu agar performa hape tidak terlalu buruk.

Jika ini terjadi pada hapemu kamu bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Uninstall aplikasi yang gak kepake
  • Hapus cache data dan junk file lainnya dalam hal ini akan lebih mudah menggunakan aplikasi semacam Clean Master
  • Rapikan kembali file-file berukuran besar di hapemu semacam foto, musik dan lain-lain. Atau back up di komputer.

2. Penggunaan Widget secara Berlebihan

Widget emang menarik tapi ini juga bisa menjadi masalah utama kenapa Hape jadi lemot. Kebanyakan widget benar-benar menyiksa performa Android kamu apalagi jika kamu menggunakan 3rd party launcher. Launcher akan merender widget acap kali kamu akan membuka homescreen dan tentu saja itu sangat mempengaruhi RAM, apalagi jika lebih dari 3 widget terpasang.

Solusinya yaa gunakan widget secara bijaksana.

3. Penggunaan Animation Setting yang salah

Masing-masing 3rd party Android Launcher memiliki setting animation sendiri-sendiri. Bisa jadi performa ndak maksimal di Androidmu disebabkan karena settingan Android belum sesuai dengan settingan dari Launcher yang kamu pakai.

Kamu bisa mengakses hal ini dari setting kemudian developer option, untuk menyesuaikan dengan Launcher yang kamu pakai, kamu bisa mencari dulu referensinya di Google, emang tips ini agak tricky sih tapi cukup berpengaruh.

4. Terlalu banyak aplikasi backround dengan RAM Sedikit

Jika banyak aplikasi yang terinstall di Androidmu akan banyak pula aplikasi yang berjalan background dan memakan RAM. Jika aplikasi background terlalu banyak maka konsumsi RAM Android pun tidak akan lega lagi, konsekuensinya Android jadi lemot.

Solusinya adalah dengan clear memori pada setting atau menggunakan aplikasi semacam Clean Master. Namun ini merupakan cara singkatnya, karena pada kenyataanya nanti juga aplikasi background akan memenuhi RAMmu kembali. Cara bagusnya kamu bisa memanfaatkan aplikasi Greenify yang mampu untuk mengunci aplikasi background dan menidurkannya sehingga nggak makan RAM lagi, aplikasi ini bisa dijalankan tanpa root, tapi akan lebih maksimal kalo device Androidnya sudah di root.

5. Handphone Kamu lama Tidak Direstart

Banyak error system dari Android maupun aplikasi-aplikasinya bisa dibenarkan dengan cara yang mudah, restart. Jika hape kamu lama ndak mati dan terasa lemot. Cara paling simple ini bisa kamu coba.

Nah itulah 5 alasan dan juga tips mengatasi Android yang terasa lemot, buat kamu yang merasa Android-nya lemot dan kurang sat-set bat-bet bisa cobain 5 tips diatas. Namun apabila udah pake 5 tips itu tapi tetep aja masih lemot, saya sarankan untuk ganti Android dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Karena hal utama yang mempengaruhi cepat tidaknya performa Android itu adalah Sepesifikasi Hardware-nya.

No comments:

Post a Comment

Fitur Baru Yang Terdapat Pada Xiaomi Miui 8

Sistem operasi pada smartphone Xiaomi MIUI 8 yang dikembangkan oleh Xiaomi yang telah dilengkapi dengan berbagai jenis fitur berguna, yang ...