Cara Mudah Install Custom Recovery pada Android Nexus Tanpa Komputer

Sebagian sobat pasti sudah pernah membaca artikel mengenai Cara nge-root Nexus. Akan sedikit menghemat waktu semisalkan device sobat sudah di root, tentunya android sobat akan jauh lebih leluasa mengoperasikanya, bebas melalukan tweaks dengan sesuka hati. Tetapi beberapa tweak, seperti Interface Themes dan Custom ROM, file instalasi-nya biasanya dalam bentuk file flashable ZIP dan membutuhkan mode Custom Recovery untuk dapat menerapkannya. Nah pada kesempatan kali ini kami akan menelisik mengenai cara install Custom Recovery pada ponsel Nexus tanpa menggunakan komputer.

Biasanya, menginstal Custom Recovery itu melibatkan penggunaan PC dan menjalankan perintah ADB yang mungkin bagi pemula akan merasa rumit. Lebih buruk lagi, kamu akan kehilangan semua data kamu ketika kamu mencoba unlock bootloader nya untuk memulai proses instalasi Recovery.

Tapi jika Android kamu udah di Root, kamu memiliki sebuah pilihan lain yang enak, yaitu kamu dapat menginstal Custom Recovery tanpa harus menggunakan Komputer. Yuk mari kita simak mengenai tips dan trik berikut ini lebih dalam melalui artikel di bawah ini. Metode ini juga kompatibel dengan Galaxy Nexus, Nexus 4, Nexus 7 (2013), dan juga Nexus 10.

Syarat Penginstallan : 

  • Ponsel Nexus yang udah di Root.
  • Install aplikasi BootUnlocker for Nexus Devices.
  • Install Flashify
  • Mulai Install a Custom Recovery

Langkah Eksekusi :

  1. Install BootUnlocker for Nexus Devices
    Seorang Pengembang Tools Rooting bernama SEGV11 telah menciptakan sebuah aplikasi yang yahut yang akan memungkinkan pengguna untuk melakukan proses Unlock Bootloader pada perangkat Nexus tanpa kehilangan data apapun. Kamu dapat men-download aplikasi-nya di Google Play Store secara gratis.
  2. Unlock Bootloader Android kamu
    Ketika kamu pertama kali meluncurkan aplikai BootUnlocker di atas, kamu akan diminta untuk memberikan hak akses Superuser app. Klik aja “Grant”, dan selanutnya kamu akan dibawa langsung ke layar utama aplikasi.

    Kamu akan melihat tampilan yang sederhana, dan tidak banyak menu yang tersedia, padahal ini aplikasi sungguh powerful sekali. Kamu hanya akan melihat menu / tombol untuk mengunci (Lock) dan membuka (Unlock) bootloader dan pengaturan Tamper Flag. Nah, untuk membuka bootloader sehingga nantinya kamu dapat meng-install Custom Recovery, cukup tekan “Unlock”. Kamu akan segera melihat hasilnya di status di bagian atas aplikasi.


  3. Install Flashify
    Sekarang setelah bootloader kamu tidak terkunci (unlocked), kamu baru dapat menginstal Custom Recovery. Sebuah Tool yang hebat untuk melakukan hal itu diciptakan oleh mas Christian Gollner, dan dia menyediakannya secara gratis di Google Play.
  4. Install sebuah Custom Recovery
    Ketika kamu pertama kali meluncurkan aplikasi Flashify, pastikan untuk memberikannya hak akses root dengan meng-klik “Grant” pada layar yang muncul. Dari layar utama aplikasi, tekan “Recovery Image” untuk memulainya.

    Tindakan tadi akan memberi kamu daftar semua Custom Recovery yang tersedia untuk perangkat kamu. Yang terbaik dan yang saya gunakan TWRP Recovery. Tekan aja “Download TWRP”, dan kemudian daftar semua versi yang tersedia akan ditampilkan. Pilih versi terbaru dari sini, yang biasanya nerada pada urutan paling atas.

    Setelah aplikasi Flashify telah selesai men-download TWRP Recovery, kamu akan ditanya apakah kamu ingin nge-flash file ini. Tekan “Yup!” untuk memulai proses, dan kalau udah selesai, tekan “Reboot now” untuk memeriksa Custom Recovery kamu yang baru.

    Sebelum kamu terlalu jauh dalam perjalananmu nge-flash Android kamu, pastikan untuk membuat backup dari konfigurasi yang udah ada. Kamu dapat melakukan ini dengan menekan tombol Backup di TWRP, kemudian gesekkan slider di bagian bawah untuk memulai proses.

    Sekarang seharusnya Android kamu udah memiliki akses Root dan udah di instal Custom Recovery. Yak, Selesai.

No comments for "Cara Mudah Install Custom Recovery pada Android Nexus Tanpa Komputer"