Cara Menggunakan WhatsApp dari Komputer Dengan Google Chrome

WhatsApp aplikasi chat messenger sederhana namun popularitasnya tak terbendung dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya. Apalagi setelah dibeli facebook, jumlah pengguna aplikasi berlogo telepon warna hijau ini makin melesat. Berdasarkan data terbaru per 7 Januari 2015, WhatsApp kini memiliki 700 juta pengguna aktif. Jumlah pengguna aktif tersebut meningkat sekitar 16 persen dari Agustus 2014. Sebagai informasi tambahan, pengguna WhatsApp mengirimkan lebih dari 30 miliar pesan setiap harinya. Angka ini tentu lebih besaran dibandingkan dengan pesan yang dikirimkan via SMS.


Pekan lalu WhatsApp mengumumkan bahwa sekarang layanan instant messaging mobile terpopuler ini hadir dalam versi Web. Pengguna dapat mensinkronkan chat mereka dari smartphone ke PC secara real-time yang artinya dalam waktu bersamaan pengguna dapat melakukan chatting dari smartphone ataupun PC tanpa perlu menonaktifkan salah satu perangkat / logout.

WhatsApp Web bisa dinikmati dengan mengunjungi https://web.whatsapp.com/ dari Google Chrome. Untuk saat ini browser selain Google Chrome belum mendukung karena beberapa alasan. Setelah masuk ke halaman utama, user dipersilakan melakukan scanning QR Code dari menu WhatsApp Web di dalam aplikasi dan halaman chat pun akan muncul persis dengan apa yang ada di smartphone terkait.

Dari blog WhatsApp disebutkan bahwa WhatsApp versi Web ini masih memiliki kekurangan-kekurangan seperti kompatibilitas browser, kompatibilitas sistem operasi (dikabarkan WhatsApp Web belum dapat dipakai oleh pengguna Apple) dan koneksi internet yang harus terus menyala agar chat tetap berjalan. Meski demikian, dengan adanya pengembangan aplikasi berbasis Web ini diharapkan dapat memudahkan pengguna dalam melakukan komunikasi ke sesama dan praktis karena mengetik menggunakan komputer jauh lebih mudah dan cepat bila dibandingkan dengan smartphone.

Cara Mudah Menggunakan WhatsApp Android dari PC

  • Siapkan aplikasi WhatsApp terbaru dan Chrome browser untuk menjalankan WhatsApp Web. Jangan lupa untuk mengaktifkan paket data Anda
  • Usahakan menggunakan paket data GSM karena jika menggunakan WiFi proses scanning akan sedikit sulit
  • Buka aplikasi WhatsApp dari smartphone
  • Tekan tombol menu / pilihan
  • Pilih WhatsApp Web hingga QR Scanner muncul
  • Buka WhatsApp Web dari Google Chrome (https://web.whatsapp.com/)
  • Scan barcode yang keluar dari Web. Posisikan scanner tegak lurus dengan barcode
  • Jika berhasil, WhatsApp akan langsung mensinkronkan chat Anda dengan yang ada di smartphone

No comments:

Post a Comment

Fitur Baru Yang Terdapat Pada Xiaomi Miui 8

Sistem operasi pada smartphone Xiaomi MIUI 8 yang dikembangkan oleh Xiaomi yang telah dilengkapi dengan berbagai jenis fitur berguna, yang ...